MAKALAH SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR - skripsi man (dulrohman webs)

Sabtu, 05 November 2016

MAKALAH SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR





BAB I . PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah 
            Perpustakaan  sekolah merupakan fasilitas  yang sangat dibutuhkan  dalam rangka  membentuk  insan Indonesia yang cerdas  .Bahkan   perpustakaan  merupakan pusat sumber belajar  yang utama . Melalui perpustakaan  peserta  didik dan  guru  memperoleh kesempatan untuk memperluas  dan memperdalam pengetahuan yang dimiliki dengan membaca bahan perpustakaan yang telah diseleksi dan  diorganisir secara sistematis dan teratur. Dapat dikatakan bahwa  perpustakaan sekolah merupakan “ jantung “ dalam system pelaksanaan pendidikan di sekolah .
            Sebagai salah satu pusat sumber belajar perpustakaan juga memiliki peran penting dalam mewujudkan  tercapainya tujuan pendidikan nasional  ,khususnya dalam rangka mensukseskan program wajib belajar  9 tahun .
            Meskipun  perpustakaan memiliiki  peran sentral dalam pendidikan ,namun  sampai saat ini perpustakaan belum mendapatkan perhatian  sebagaimana mestinya supaya  dapat menjalankan fungsinya dengan baik . Pada beberapa sekolah  dasar di Salatiga ,perpustakaan  tidak lebih dari “ ruang penyimpanan buku “. Hal ini terjadi karena belum adanya sistem  pengaturan perpustakaan yang  baik. Sistem Informasi yang diberlakukan  masih seadanya .
            Bahkan pemerintah pun belum memberikan perhatian  yang memadai bagi terselenggaranya system  Informasi perpustakaan  yang  layak di sekolah khususnya di sekolah dasar  . Hal ini Nampak dari belum disediakannya tenaga perperpustakaan   khusus di SD . Layanan perpustakaan di selenggarakan oleh guru yang tidak dibekali pengetahuan tentang perpustakaan  .Sehingga pengelolaan system informasi yang diselenggarakan  kurang memadai  dan akhirnya  berujung pada  kondisi perpustakaan yang terbengkelai .
Tujuan
            Makalah ini ditulis untuk memperkenalkan Sistem Informasi Perpustakaan . Dalam makalah ini kami memaparkan tentang pengertian Sistem Informasi Perpustakaan  beserta hal-hal yang terkait di dalamnya  dan  penggunaan teknologi  informatika komuter  untuk perpustakaan sekolah . Pada bagian akhir makalah ini akan memaparkan kondisi perpustakaan secara riil berdasarkan pengamatan di SD Kristen 3 Eben Haezer Salatiga .

SELENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI

Tidak ada komentar:

Berita Viral Terkini